Sunday, February 22, 2015

Cara port rom dari MTK6589 ke MTK6572 by hannan



Karena banyak yang nanya bagaimana cara port rom mtk6589 ke 6572 dan saya bingung menjelaskan, maka berikut saya buat tutorialnya.
Pada umumnya tutorial ini adalah untuk tingkat lanjutan yang telah terbiasa melakukan port rom android. Jadi bagi yang belum faham/ngerti apa itu porting rom dan cara fix bug mungkin akan kesulitan mengikuti.


.: DWYOR :.
Saya tidak bertanggungjawab atas perlakuan anda karena tutorial ini.

Berikut adalah tutorial cara port mtk6589 ke mtk6572;

Contoh Proyek; Port YunOS 3 Coolpad 7295

Target: Acer Liquid Z4 (aka Acer Z160 - MTK6572)
Source: YunOS 3 Custom Rom Coolpad 7295 - MTK6589 (bisa diganti dengan cusrom hh mt6589 lain)


Pertama siapkan file-file berikut;
1. ROM YunOS 3 Coolpad 7295. Download sini
2. Mod MTK6589 for MTK6572. Download sini
3. Patch Acer Liquid Z4 (sesuaikan jika beda hh). Download sini
4. Stock Kernel Acer Liquid Z4. Udah punya pasti
5. Boot/Recovery Repack Tool. Download here.  Kemudian Ekstrak ke folder 'C:\xxx\'  (xxx bsa diganti nama yg lain)
6. Notepad++. (Cari di google)


Langkah-langkah;
1. Ekstrak file ROM YunOS

2. Ekstrak file Mod Mtk6589, replace ke folder hasil ekstrak ROM YunOS
Klik kanan - Extract files...
 Arahkan ke folder hasil ekstrak ROM YunOS3, klik OK
Replace (klik Yes to All),

3. Ekstrak file Patch Acer L Z4, replace ke folder hasi ekstrak ROM YunOS
Lakukan hal yang sama dengan Mod Mtk6589

4. Unpack boot.img
Siapkan file boot.img dari YunOS Coolpad dan boot.img Acer Liquid Z4 taruh dalam tool Boot/Recovery Tool RENAME seperti gambar;

Drag n drop file-file tersebut ke MTK_unpack.


Kemudian edit file init.rc dalam folder boot_AcerZ160 dengan Notepad++. Sesuaikan dengan file init.rc dalam folder boot_CoolpadYunOS.
Perhatikan gambar2 berikut;

Replace baris di gambar dari CoolpadYunOS ke AcerZ160

Kemudian telusuri dan bandingkan 2 view tersebut serta sesuaikan. LIhat gambar;
Cari baris seperti gambar dan tambahkan/sesuaikan.

Lakukan penyesuaian init.rc sampai line terakhir.

Kemudian repack boot_AcerZ160 dengan melakukan drag n drop folder boot_AcerZ160 ke MTK_pack.bat
Akan ada file baru 'new_image.img', RENAME menjadi 'boot.img' trus copy dan replace ke folder ROM YunOS.
5. Edit updater-script dalam folder META-INF
Cari line seperti;
format("ext4", "EMMC", "/dev/block/mmcblk0p7", "0");
mount("ext4", "EMMC", "/dev/block/mmcblk0p7", "/system");

sesuaikan menjadi seperti ini;
format("ext4", "EMMC", "/emmc@android", "0");
mount("ext4", "EMMC", "/emmc@android", "/system");


jika ada format/mount data gunakan "/emmc@usrdata".
Sesuaikan script lain yg tidak sesuai.

6. Edit build.prop dalam folder /system
cari angka 6589 ganti 6572
cari line ro.sf.lcd_density (ubah value menjadi 215)

7. Buat ZIP Flashable dan silakan eksekusi dan berdoa semoga tidak bootloop.


Demikian tutorial port rom mtk6589 ke mtk6572 semoga bermanfaat.
Terimakasih dan mohon maaf jika ada kesalahan.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl Facebook
 

Artikel Terkait:

8 komentar:

Mr.Hau said...

http://www.romzj.com/rom/22597.htm
please port it for mt6572

Tri Hannan said...

Belum berhasil untuk funtouch,,, hahaha

Anonymous said...

lanjutkan om...

fatwa arif kusuma said...

om han, kalau port dr xperia c apa perlu juga compare init.rc boot.img nya?
mohon penjelasan :D

Anonymous said...

gunanya port rom itu untuk apa???

Irwan Lubis said...

ada yg berhasil ga ????

Irwan Lubis said...

napa gan kok pas di reboot malah bootloop ?

Acillramdan Prasetyo said...

Makasih Mass Han Tri .. :) Suksess :) :)

Post a Comment

Sempurnakan posting diatas dengan meninggalkan komentar dibawah ini...

Donate

Klik untuk menjadi donatur

Followers

 
Ultimatech. Design by Wpthemedesigner.
Template Diupdate 2010 - Semoga hari ini menyenangkan ...!
PageRank Button

SEO Monitor