Thursday, February 4, 2010

Simple Modul Teknologi Multimedia


Oleh Tri Hananto, Email: m3_hannan@yahoo.co.id 
Web Site: http://m3hannan.blogspot.com

Link download tersedia di bawah artikel.


I.          Pengantar
Dengan cepat PC bukan lagi menjadi mesin olah kata dan olah database saja. Lebih dari itu PC telah dikembangkan menjadi Mesin Pintar sebagai olah Visual dan Suara. Dengan didukung perangkat keras yang luar biasa cepatnya, menjadikan PC bukan lagi menjadi sebuah mesin ketik. Akhir-akhir ini perusahaan Intel telah mengeluarkan Processor Core 2 Duo, Core 2 Quad, Centrino, dsb yang mempunyai kemampuan mengolah data dengan kecepatan super tinggi.
Silakan bandingkan processor Intel dari jaman dulu dengan sekarang; 286, 386, 486, 486 DX2, Pentium 1 100, P1 (133, 166, 200, 233 MHz), P2 (266, 350MHz), P3 (450, 600, 733, 800, 1GHz), P4 (1.4, 1.7, 1.8, 2.0, 2.4, 2.66, 2.8, 3.0, 3.6 GHz, dsb), Dual Core (2.66x2, 3.0x2) yang kemudian disusul Core Duo, Core2Duo, Core2Quad, Centrino.
Adapun Multimedia adalah Program yang digunakan untuk menangani, memanipulasi, dan mengolah Suara dan Gambar baik Gambar diam (foto) maupun Gambar bergerak (video). Contoh program-program multimedia diantaranya; Winamp, WMP, JetAudio, Windows Recorder, Windows Movie Maker, Pinnacle, Game 2D, Game 3D, dsb. Untuk itu dibutuhkan Spesifikasi CPU Tingkat Tinggi agar dapat menghasilkan Efek Multimedia yang memuaskan.


II.        Syarat Minimal Multimedia
Pengalaman pribadi, saya mencoba program Winamp dengan processor P1 100. Dicoba sambil mengetik, suaranya jadi pecah. Jadi untuk syarat minimal untuk Program Multimedia kurang lebih adalah CPU P1 133 MHz, RAM 32, XGA Monitor (monitor warna resolusi tinggi), dan perlengkapan Multimedia lainnya, serta Master Program Multimedia itu sendiri.
Rekomendasi (Saran) Multimedia Lengkap (Olah Audio, Video, Games, dsb) adalah;
-         CPU P2 350, RAM 64, XGA Monitor,
-         Master Program Visual dan Audio, (DVD Player, MP4 AAC Player, Real Player, dsb)
-         Master Program Recording & Editing,  (Windows Recorder, Nero Wave Editor, Pinnacle, Ulead, Windows Movie Maker, dsb)
-         Master Program Audio Converter, (MP3 Converter, Wave Converter, dsb)
-         Master Program Video Converter. (Xing MPEG Encoder, Total Video Converter, dsb)
Tentang program-program di atas kebanyakan adalah program Berbayar meskipun ada beberapa yang Free (Gratis). Jika tidak teregistrasi biasanya akan melewati masa Kadaluarsa dan Program tidak dapat berjalan.

III.      Teknologi Stereo dan Digital Surrounding
Untuk mengetahui dan merasakan betapa canggihnya teknologi multimedia. Kita tidak akan lepas dengan istilah Mono, Stereo, Digital Surrounding.
A.       Mono
Yaitu format suara yang menimbulkan satu sumber suara saja (1/Single Channel). Meskipun Speaker yang dipasang kompatible dengan Stereo/Digital Surrounding, suara akan berkisar pada tengah kepala.
B.       Stereo
Yaitu format suara yang menimbulkan 2 sumber suara (2/Double Channe). Dengan format ini 2 speaker akan mengeluarkan suara yang berbeda. Tentu harus didukung dengan Speaker Stereo atau Speaker Digital Surrounding.
C.       Digital Surrounding
Yaitu format suara yang mampu menghasilkan lebih dari 2 sumber suara (multi channel). Sebagai contoh Teknologi 5.1 Digital Surrounding, maksudnya adalah teknologi yang mampu mengeluarkan 5 suara yang berbeda dan 1 suara Subwoofer (Bass). Tentu harus didukung dengan Speaker 5.1 Digital Surrounding yang dipasang mengelilingi pendengar.
D.       Software Simulasi 3D Surrounding
Yaitu software yang digunakan untuk mensimulasi efek-efek 3D sound.
Contoh (1);
1.      Bukalah software C-Media Play3D Demo. Konfirmasikan kepada instruktur…!
2.      Setting simulasi dan klik Play. Dengarkan dan perhatikan sumber suara.
Contoh (2);
1.      Mainkan File Demo3Dfull.mp3. Dengarkan dan perhatikan.
2.      Mainkan File 3DtestMusic.mp3. Dengarkan dan perhatikan.
Contoh (3); (Required; DVDRom atau Digital Surrounding Games)
Mainkan DVD Video. Contoh; Lord Of The Rings

IV.      Audio / Video Player
A.    Winamp
Winamp versi baru dapat memainkan hampir semua file audio dan video. Versi terbaru adalah 5.xx (dimana versi diatas 5.3x sudah dilengkapi audio converter). Dilengkapi plugin pihak ketiga tentu akan membuat suara menjadi lebih nendang dan menggelegar. Gunakan equalizer untuk mengatur volume suara tiap frekuensi.
Plugin Winamp dapat ditambah dengan menginstallnya ke dalam folder “Winamp\Plugin\”. Secara global Plugin Winamp terbagi menjadi beberapa macam yaitu;
1.       Input, Yaitu sebagai plugin pembaca type file. (Ex; Mp3, Wav, mp4,dsb)
Jadi semakin lengkap Plugin Input maka Support File Winamp akan semakin lengkap pula.
2.       Output, Yaitu sebagai plugin keluaran. (Directsound, Wave, Wav File)
Directsound memungkinkan 2 suara keluar bersamaan, sehingga support
Fade Effect.
3.       Visualization, yaitu Plugin Tampilan seperti Analizer, VU, dsb.
Sekarang installasi winamp sudah dilengkapi plugin Visualization Milkdrop 2.0. Dengan mengaktifkannya maka akan tampil jendela Tampilan Analizer 3D.
4.       DSP/Effect, Yaitu sebagai tambahan efek suara.
DSP plugin akan memungkinkan kita merubah suara menjadi Mono, Flanger, 3D Surround, Boost, Ambience (Gema), Echo, Cepat/Lambat, dsb.
5.       General Purpose, Contoh; Hotkey, Modernskin, Jump, Tray, dsb
Sedangkan Plugin Media Library dan Portable adalah Type Plugin baru.
Untuk mengatur settingan plugin winamp Klik Kanan pada Main Window hingga muncul Menu Utama è Option è Preference è Plugin.

B.     Windows Media Player
Windows Media Player juga program multimedia yang sangat kompatible dengan file-file Audio Video.

Dua Program Multimedia di atas adalah program standar yang menurut pengalaman saya, dengan 2 Program ini saja hampir semua file Audio dan Video dapat dimainkan. ‘Power DVD’ juga program Video Player yang harus dipertimbangkan untuk memainkan DVD Video.

C.     Codec (Engine/Mesin Pembaca File Multimedia)
Codec adalah engine yang digunakan sebagai pembaca file-file multimedia. Sebagai contoh file AAC/AAC+ dapat dimainkan dengan baik apabila engine AAC/AAC+ sudah terinstall. Begitu juga dengan file 3GP, MP4, DIVX, Xvid, Vob (DVD File), RM (Real Media File) hanya dapat dimainkan, diedit/diolah, dikonversi bilamana codec engine file-file tersebut sudah terinstall.
Untuk melihat codec apa saja yang sudah terinstall di komputer kita;
-          Klik Start è All Programs è Accessories è System Tools è System Information
-          Klik Component\Multimedia\Audio Codecs atau \Video Codecs
-          Perhatikan file apa saja yang dapat dimainkan komputer kita.
Kita bisa menambahkannya dengan menginstall Codecs Engine;
-          Download Codecs Engine dari Internet atau minta tolong seorang teknisi untuk menginstallkan Codecs Engine.
-          Bila file master codecs engine sudah kita dapatkan, Sebagai contoh adalah K-Lite Mega Codecs Pack. Jalankan aplikasi dan install sesuai petunjuk è Pilih Codecs apa saja yang kita install, misalnya AC3, VOB (DVD), RM (Real Media), dsb.

Dengan menginstall codecs engine, maka kemampuan komputer kita untuk membaca file-file multimedia akan lebih baik lagi.

V.        Audio Recorder (Perekam Suara)
Disini saya ambil program yang menurut saya mudah dan hasilnya sangat bagus.
A.    Jet Audio
Jet Audio sangat mudah digunakan sebagai Perekam Suara dan hasil rekaman sudah berwujud File (Wav dan MP3). Namun sekarang Jet Audio tidak menjadi pilihan sebagai Audio Video Player maupun Recorder.
B.     Nero Wave Editor
Meskipun untuk merekam suara tidak semudah Jet Audio, namun Nero Wave Editor memiliki fitur yang seabreg. Mulai merubah suara menjadi tinggi, kecil, rendah, pengaturan equalizer, efek Flange, Phaser, dsb. Karena memang Nero Wave Editor diciptakan untuk mengedit suara. Berbeda dengan Jet Audio yang digunakan sebagai Audio Video Player.

Pada menu Option è Device Setting kita dapat memilih alat Suara, pastikan memlilih alat yang benar. Cobalah memberikan efek Flange, Chorus, Pitch, dsb dan perhatikan hasilnya.


VI.      Windowss Movie Maker sebagai Software Pembuat Video (Gambar Bergerak)
Windows Movie Maker juga dapat digunakan untuk meng-Capture (Mengambil) Video dari alat perekam video seperti Kamera Digital, Video Shoot, dsb. Klik Capture from video device.
Jika yang diimport adalah gambar, aturlah durasi munculnya tiap gambar. Klik Menu Toolè Option è Advanced è Picture Duration.
Untuk memulai klik salah satu dari 4 pilihan menu Capture Video è Pilih gambar / video yang akan dibuat è Klik Kanan – Add to Storyboard atau gunakan drag and drop.
Sempurnakan dengan memberikan Efek dengan Menu Edit Movie è Drag and Drop efek-efek ke dalam story board.
Jika sudah selesai, Export File menjadi File Video dengan format AVI. Klik File è Save Movie File è My Computer è Beri Nama File dan lokasi menyimpan file è Pilih Kualitas Video è Selesaikan

VII.    Multimedia Converter
A.     Winamp
Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Winamp versi terbaru sudah dilengkapi dengan Audio Converter. Namun belum tersedia Video Converter.
B.     Total Video Converter.
Program yang menurut saya lengkap dan simple adalah Total Video Converter. Dengan program ini hampir semua file multimedia baik Audio maupun Video yang bisa dimainkan dapat juga dikonversi dengan baik.

C.     Nero Encode Audio Files
Bukalah Program Nero Start Smart è pilih Audio è Encode Files, sehingga muncul jendela Encode Files
1.       Klik Add… è Cari/Pilih File yang akan dikonversi
2.       Pilih Output file format. (Support; mp3, wav, wma, mp4, Aiff, vqf)
3.       Klik Settings… è Atur kualitas suaranya. (Semakin besar bps-nya semakin bagus kualitasnya dan besar ukuran filenya)
4.       Klik Browse… untuk memilih lokasi penyimpanan file output.
5.       Klik GO untuk memulai konversi.

VIII.  Burning CD/DVD (Pembakaran CD/DVD)
Istilah Burning CD bukan berarti membakar CD dengan menyiramnya pakai bensin premium lalu disulut api hingga terbakar habis, melainkan adalah proses penyimpanan Data/File-File ke dalam media Compact Disc (CD/DVD). Dalam bab ini akan kita bahas dasar-dasar pembuatan CD Data, VCD, dsb dengan Software Nero Burning ROM versi 6.
Bukalah program Nero Burning ROM; Klik Start è All Programs è Nero è Nero Start Smart
A.    Membuat Data Disc
Data Disc adalah format CD yang dapat digunakan untuk menyimpan sembarang file. Biasanya untuk menyimpan file Dokumen, audio file seperti mp3/mp4, Master Program, dsb.
1.       Data è Data Disc. Tunggu hingga muncul jendela Nero Express
2.       Klik Add è Pilih File-File. Yaitu untuk menambahkan file
3.       Klik icon new folder pada toolbar atas untuk membuat folder baru.
4.       Perhatikan Batas Kapasitas CD yang berwarna Biru/Kuning/Merah. Bila terjadi kelebihan hingga melampaui batas kuning, maka kita harus menghapus beberapa file.
Kapasitas CD Standar adalah 700MB, DVD Standar 4,3GB.
5.       Klik Next
6.       Write Speed  untuk kecepatan penulisan (4x,8x,16x,24x,32x,52x, tergantung CD/DVD)
7.       Disc Name untuk memberikan Label CD
8.       Allow Files to be added later (multisession disc) akan memungkinkan penulisan CD lebih dari satu kali. Artinya Isi CD dapat ditambah nantinya.
9.       Klik Burn untuk memulai pembakaran

B.    Membuat Video CD
Video CD adalah format yang kompatible dengan VCD Player.
1.      Dari Nero StartSmart è Photo and Video è Klik Make Video CD. Tunggu hingga muncul jendela Nero Express.
2.      Klik Add untuk menambahkan File Video. Secara otomatis Nero akan mengkonversi ulang file tersebut dengan standart format Video CD. Tunggu hingga selesai.
3.      Enable VCD Menu, adalah untuk menampilkan menu VCD pada awal pemutaran VCD.
4.      Klik Next untuk melanjutkan,
5.      Apabila Enabled VCD Menu di-Check maka akan muncul jendela My Video CD Menu.
6.      Klik Next untuk melanjutkan, ikuti langkah seperti membuat Data CD.

C.    Format CD/DVD Lainnya
Pada dasarnya cara membuat CD/DVD adalah seperti membuat Data CD atau membuat Video CD. Berikut ini adalah format-format CD/DVD lainnya;
1.    MP3 CD/DVD
Sebenarnya format MP3 CD tidak ada bedanya dengan Data CD. Hanya saja dengan memilih Make MP3 CD Nero memberikan kemudahan dalam mengkonversi file-file audio ke format mp3 semua. Jadi begitu File Audio ditambahkan (misalnya file Sisa-Sisa Cinta.WAV) maka akan langsung dikonversi ke format mp3 (menjadi Sisa-Sisa Cinta.MP3).
Adapun MP3 DVD adalah format Data DVD berisikan file-file mp3 yang lebih besar kapasitasnya daripada CD. Kapasitas CD 700MB, DVD 4,3GB (6 kali lipat).
2.    Audio CD
Format Audio CD adalah format Audio berkualitas tinggi (WAV/PCM 172 kbps) yang dapat dimainkan oleh Audio CD Player. Dengan fitur No Pause Between Track akan membuat pergantian track musik tidak ada jeda (non stop musik). Biasanya Audio CD sering dipakai untuk musik-musik House dan Dugem.
3.      Audio and Data CD
Format ini adalah format gabungan Audio CD dan Data CD. Dengan format ini kita bisa membuat Audio CD dan sisanya bisa kita pakai buat nyimpan data-data. Sebagai contoh kapasitas 500MB untuk Audio CD dan 200MB untuk menyimpan Data.
4.      Nero Digital Audio CD/DVD
Format ini sama dengan format Data CD/DVD, yang hanya berisikan file-file Audio MP4 dan AAC.




KLIK DISINI untuk download versi Office Word (terdapat gambar untuk memperjelas)
Atau KLIK DISINI untuk download  modul lainnya


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl Facebook
 

Artikel Terkait:

2 komentar:

Anonymous said...

kayak buku ja bos...

cerita lucu said...

mantap juga bos cerita lucu

Post a Comment

Sempurnakan posting diatas dengan meninggalkan komentar dibawah ini...

Donate

Klik untuk menjadi donatur

Followers

 
Ultimatech. Design by Wpthemedesigner.
Template Diupdate 2010 - Semoga hari ini menyenangkan ...!
PageRank Button

SEO Monitor