Kunjungi artikel ini; Daftar gratis di KLIKOT Situs pertemanan mirip facebook yang mau bagi-bagi dolar

Friday, January 22, 2010

Modul Pengetahuan Dasar Komputer


Simple Modul Pengetahuan Dasar
http://m3hannan.blogspot.com
Anda bisa download file dokumen modul-modul pelajaran komputer DISINI



I.    Introduction
Pada Pengetahuan Dasar ini akan dipelajari tentang pengenalan Hardware, Software, Penggunaan Keyboard dan Mouse. Diharapkan untuk banyak-banyak latihan agar terbentuk saraf reflek ketika memegang mouse dan keyboard.

II.    Hardware (Perangkat Keras) Komputer
Hardware Komputer dapat dibagi menjadi beberaba bagian;

1.    CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah bagian paling penting sebuah komputer. Di dalamnya terdapat Banyak Hardware yang saling terhubung dan bekerjasama memproses dari Input Device dan mengirimkan hasilnya ke Output Device. Satuan CPU terdiri dari Mainboard, Processor, RAM/Memory, Power Supply, Input/Output Controller, Display Controller, Multimedia Controller, Network Controller, dsb.
2.    Input Device (Alat Masukan)
Input Device adalah alat yang digunakan untuk memasukkan suatu perintah. Contoh; Keyboard, Mouse, Joystick, Scanner, dsb.
3.    Output Device (Alat Keluaran)
Yaitu Alat yang berfungsi mengeluarkan hasil dari perintah input device. Contoh; Printer, Monitor, Speaker/Earphone, dsb.
4.    Storage Device (Alat Penyimpanan)
Yaitu Alat yang berfungsi sebagai tempat menyimpan Data berupa File-File. Contoh; Fixeddisk/Harddisk, Floopydisk, CDRom, Flashdisk, Harddisk Eksternal, dsb.


III.    CPU (Central Processing Unit)
Seperti dijelaskan diatas bahwa di dalam CPU terdapat banyak hardware, di sini akan dijelaskan sedikit tentang fungsi dan cara kerjanya.
A.    Mainboard (Papan Utama)    Harus Ada
Mainboard ini berfungsi untuk menempatkan semua alat-alat controller. Termasuk juga Processor, RAM, Power Supply, I/O Controller, Display Controller dan semua alat ditempatkan pada Socket yang telah disediakan oleh Mainboard. Merk; Asus P5Series, Amptron, Compaq, PC Chip, Gigabyte, ECS, Dell, IBM
B.    Processor (Contoh; Intel P1, P2, P3, P4, Dual Core,dsb. AMD Duron, Athlon, dsb)    Harus Ada
Processor sendiri juga sering disebut CPU, mungkin karena memang semua perintah dan hasil perintah di proses oleh Processor. Semakin tinggi kecepatan dan teknologi Processor, maka semakin baik pula kinerja komputer. Saat ini Intel telah mengeluarkan Processor Intel Core2Duo, Core2Quad, Centrino yang mempunyai kemampuan jauh diatas Intel Pentium 4 dan Dual Core.
Interface = Socket 370 (P-3), Socket 478 (P-4), Socket A/B (AMD), PGA 778 (Dual Core ke atas)
C. RAM/Memory    Harus Ada
Random Acces Memory berfungsi tempat penyimpanan file-file program yang sedang dijalankan oleh komputer. Semakin besar kapasitasnya maka semakin kencang juga prosesnya. Pengalaman saya System Windows XP dengan CPU 2.00 GHz akan sangat responsif dengan RAM 512MB.
Type / Interface = EDO (Jadul), SDRAM, DDR1, DDR2 (Terbaru, tercepat, termurah)
D.    Power Supply (Persediaan Daya)    Harus Ada
Power Supply berfungsi sebagai sumber daya yang digunakan untuk memperkerjakan semua alat-alat yang ada pada Komputer. Saat ini Rekomendasi Power Supply untuk Pentium 4 adalah 450 Watt. Interface = 12 Pin (Jadul), ATX 20 Pin, ATX 20 Pin + 4 Pin, ATX 24 Pin + 4 Pin (Terbaru)
E.    I/O Controller    Harus Ada
Controller ini untuk mengatur alat yang terhubung dengan Port I/O (Port Serial, PS2, LPT). Contoh alat yang terhubung adalah Mouse PS2, Keyboard P2, Printer LPT, dsb. Interface = ISA, PCI
F.    IDE Controller dan SCSI Controller    Harus Ada
Controller ini untuk mengatur kinerja alat-alat yang terhubung dengan Port IDE atau SCSI. Alat yang biasa terhubung adalah Harddisk, Floppydisk, CDRom. Interface = ISA, PCI
G.    Display Controller    Harus Ada
Controller ini khusus untuk menghasilkan tampilan ke layar monitor ataupun TV. Alat ini sering disebut VGA Card (Kartu VGA) dengan merk Intel, nVidia, S3 Trio, SIS, ATI Rage Series, dsb. Dia memiliki RAM sendiri yang mana semakin besar kapasitas maka semakin halus tampilan dalam program yang menuntut teknologi VGA tinggi. Ex; 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 224, 256, 512MB. Interface = ISA (Jadul), PCI (Jadul), AGP, PCI-Express (Terbaru)
H.    Multimedia Controller    Optional
Controller ini khusus untuk menghasilkan suara, sering disebut Sound Card (Kartu Suara). Saat ini teknologi Sound Card berkembang hingga mendukung teknologi 3D Surround 5.1 (Artinya 5 Speaker dengan 1 Central sebagai Bass è 6 Channel). Merk; Realtek, CMedia, ESS, Creative Sound Blaster. Interface = ISA, PCI

I.    Network Controller/Network Adapter/LAN Card    Optional
Controller ini digunakan sebagai port penghubung 2 komputer atau lebih. Biasanya digunakan untuk Chating, Transfer File, Program Database, Multi Player Game, dsb.
Interface = ISA, PCI

II.    Input Device
A.    Keyboard    Harus Ada
Alat ini untuk memasukkan karakter ASCII yang mana masukan ini akan diterjemahkan system sehingga akan menghasilkan suatu perintah.
Port Interface = Serial / PS2 / USB
B.    Mouse    Optional
Alat ini sebagai alat pointer (penunjuk) yang akan membantu Brainware.
Port Interface = Serial / PS2 / USB
C.    Scanner. Merk; Epson, Canon, HP    Optional
Alat ini akan mengubah gambar nyata menjadi Image File (File Gambar)  
Port Interface = LPT / USB
D.    Joystick    Optional
Alat ini adalah sebagai alat permainan / Game.
Port Interface = LPT / USB

III.    Output Device
A.    Monitor    Harus Ada
Untuk menampilkan hasil dari proses CPU.
B.    Printer    Optional
Sebagai alat cetak dokumen. Merk; Canon, Epson, HP, Lexmark, Apollo, dsb
Port Interface = LPT, USB
C.    Speaker    Optional
Sebagai alat keluaran suara. Kita bisa menggunakan Earphone atau Speaker Aktif biasa.

IV.    Storage Device
A.    Fixeddisk/Harddisk Drive (Disk Tetap) Merk; Samsung, Maxtor, Seagate    Harus Ada
Ditempatkan di dalam Chasing CPU, digunakan untuk menyimpan File-File dalam kapasitas sangat besar. Saat ini produksi Harddisk sudah mencapai kapasitas penyimpanan lebih dari 512 GB.
1KB = 1024 B
1MB = 1024 KB
1GB = 1024 MB
A.    Sebagai contoh, file dokumen/surat biasanya hanya memakan tempat 200kb, MP3 4MB, Video CD 50MB/lagu, 700MB/CDFull.
Interface = IDE,  SCSI, SATA
B.    Floppydisk Drive, Merk; Panasonic, Samsung    Optional
Floppydisk drive adalah tempat penyimpanan tambahan yang dapat di pindah-pindah/tidak tetap, termasuk Removable disk. Karena kapasitasnya yang hanya 1,44MB sekarang Floppydisk sudah ditinggalkan dan beralih kepada Flashdisk yang saat ini kapasitas hingga 8GB, lebih aman dan bebas perawatan.
Interface = Floopy Interface
C.    CD/DVD Drive, Merk; Samsung, Liteon, LG, Pioneer    Harus Ada
Digunakan sebagai media pembaca CD (Compact Disk/Disket Kepingan) atau DVD. Adapun CD/DVDRW dapat digunakan untuk membaca CD/DVD dan untuk menulis CD/DVD. Kapasitas penyimpanan CD standar adalah 700MB, DVD 1 Layer 4,48GB, DVD 2 Layer 8,15 GB.
Interface = IDE, SCSI, SATA

V.    Other Device (Device Lainnya)
A.    Flashdisk
Flashdisk juga termasuk dalam Storage Device, Fungsinya sama dengan Floppydisk, namun mempunyai kapasitas yang besar dan bebas perawatan. Pengalaman saya menggunakan floppydisk sangat merepotkan dan tidak aman, karena harus terjaga dari debu, sinar matahari, air, magnet, dsb. Sering dijumpai Error karena tidak terbaca. Kapasitas Flashdisk beragam mulai 512, 1GB, 2Gb, 4GB, 8GB dan terus berkembang.
Interface = USB
B.    Bluetooth Adapter
Alat ini mengubah data digital menjadi sinyal radio berfrekuensi tertentu untuk berhubungan dengan alat-alat lainnya seperti HP, PC lainnya, Mouse Bluetooth, Speaker Bluetooth, dsb.
Interface = USB
C.    TV Tuner (TV Card)
Alat ini berfungsi merubah sinyal RF (sinyal TV) menjadi sinyal digital. Dengan alat ini nonton acara TV di depan komputer tidak menjadi masalah. Biasanya dilengkapi juga dengan Radio.
Interface = PCI
D.    Harddisk Eksternal
Fungsi dan kapasitasnya hampir sama dengan Fixeddisk/Harddisk. Bedanya alat ini bisa dibawa ke mana-mana, karena termasuk Removable Disk.
Interface = USB

VI.    Device Driver (Kemudi Alat)
Semua Hardware yang telah dijelaskan diatas tidak akan berfungsi tanpa Device Driver yang terinstall di dalam System Operasi. Sebagai contoh Printer tidak akan bisa mencetak tanpa Device Driver. Gambaran sederhananya adalah sebagai berikut;
Misalnya kita ingin memasang TV Tuner, kartu sudah terpasang dalam slot PCI. Begitu komputer dihidupkan maka akan ada konfirmasi bahwa ditemukan hardware baru kemudian komputer meminta Device Driver untuk hardware baru tersebut. Ini bisa diartikan bahwa komputer ingin tahu apa nama, fungsi dan bagaimana cara kerja hardware baru tersebut dan meminta kemudi / pengenal yang berupa software (biasanya disertakan dalam paket pembelian alat). Begitu kita memberikan driver berupa file-file software maka komputer akan tahu bahwa nama alat ini adalah TV Tuner, Merk A, terpasang pada slot PCI ke-X, dsb.
Namun demikian, system operasi telah dilengkapi banyak sekali driver hardware-hardware yang sering dipakai dalam sebuah PC. Jika kita memasang alat baru ke komputer kemudian alat sudah siap digunakan maka ini disebut Alat Compatible. Tinggal kita mengupdate drivernya sehingga dapat bekerja secara optimal. Contoh; Flashdisk, Printer LX-300, Monitor, dsb.

VII.    Software (Perangkat Lunak)
Software adalah program-program, device driver, dan file-file yang ada pada sebuah komputer. Yaitu;
A.    System Operasi (Operating System / OS)
System Operasi adalah software utama yang berfungsi mengatur kinerja system. Dalam menentukan OS perlu dipertimbangkan Kompatibiltas (dukungan terhadap program-program pihak ke 3, juga dukungan terhadap Hardware), Stabilitas (Sering Error atau tidak), dan Jangkauan Harga (OS Windows XP Home Edition mencapai harga hampir 800ribu rupiah, Linux menawarkan OS yang gratisan seperti Ubuntu).
Contoh OS; DOS 6.22, Windows 3.11, Windows 95, 97, 98, 2000 Server, XP, 2003, Vista, Linux Mandrage, Linux Ubuntu, Suse Linux, dsb.
B.    Program Aplikasi
Program Aplikasi adalah program-program tambahan sebagai pendukung kinerja komputer. (Harga Software Microsoft Office Word, Excell Access mencapai 1,7 Juta). Contoh Aplikasi ; Office (Word, Excell,dsb), Winamp, Power DVD, Pascal, Aplikasi Game, dsb.
C.     Device Driver
Telah dijelaskan di atas, Device Driver adalah Software yang mengenalkan Hardware tertentu kepada System Operasi sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya.
VIII.    Penggunaan Mouse
Mouse mulai digunakan seiring dengan dikeluarkannya OS Windows 3.11 (sekitar tahun 1992). Bagiannya adalah; Tombol Kiri, Tombol Kanan, Tombol Tengah, Scrool.
Menyalakan komputer;
-    Nyalakan Monitor terlebih dahulu sebelum CPU.
-    Tunggu hingga proses boot (persiapan system) selesai ditandai dengan munculnya DESKTOP dan jarangnya kedipan lampu indikator harddisk. Setelah itu komputer siap digunakan.

Desktop; Tampilan awal windows yang terdapat Icon, Background, Taskbar, dan Star Menu.

Penggunaan Mouse;
1.    Klik
è Yaitu dengan menekan tombol kiri mouse satu kali. (Jari Telunjuk tangan kanan 1x)
Berfungsi untuk; MEMILIH
2.    Dobel Klik
è Yaitu dengan menekan tombol kiri mouse dua kali. (Jari Telunjuk tangan kanan 2x)
Berfungsi untuk; MEMILIH SEKALIGUS MENJALANKAN
3.    Tripel Klik
è Yaitu dengan menekan tombol kiri mouse tiga kali. (Jari Telunjuk tangan kanan 3x)
Berfungsi untuk; MEMILIH SEMUA pada Office Word.
4.    Klik Kanan
è Yaitu dengan menekan tombol kanan mouse satu kali. (Jari Tengah tangan kanan 1x)
Berfungsi untuk; MENAMPILKAN MENU PILIHAN.
5.    Drag and Drop
è Yaitu dengan menekan dan menahan tombol kiri mouse kemudian geser ke tempat tertentu.
Berfungsi untuk; MEMBUAT BLOK, MEMILIH OBJECT yang banyak, MEMINDAH OBJECT.



KLK DISINI Untuk Download  File Modul Pengetahuan Dasar Komputer

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl Facebook
 

Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Sempurnakan posting diatas dengan meninggalkan komentar dibawah ini...

Link Exchange

Photobucket Tukeran yuk... Ultimatech

Donate

Klik untuk menjadi donatur

Ultimatech Page

Ultimatech on Facebook

Followers

 
Ultimatech. Design by Wpthemedesigner.
Template Diupdate 2010 - Semoga hari ini menyenangkan ...!
PageRank Button

SEO Monitor