Saturday, January 30, 2010

Tips Search Engine Optimization (SEO) Terbaru dan Meningkatkan Alexa Rank

SEO Image
Berbagai cara dilakukan seorang blogger atau web master untuk meningkatkan traffic web sitenya, juga mendapatkan kedudukan yang baik di mesin pencari atau Search Engine. Hal ini sering disebut dengan istilah SEO (Search Engine Optimization).


Artikel ini adalah bersumber dari pengalaman pribadi saya, maklum web site atau blog yang sedang anda nikmati ini baru berusia 3 bulan, jadi rangking Alexa masih 4jt, he..he... Dan selama itu pula banyak pelajaran tentang SEO dan peningkatan traffic web site.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi seorang blogger dan web master untuk meningkatkan kedudukannya di mesin pencari atau search engine dan Alexa Rank;

1. Original Content dan Unique Content (Artikel Asli dan Artikel Unik).
Yang pertama dan yang paling penting dari tips SEO adalah Original Content dan unique Content. Search Engine atau mesin pencari baik itu Google, Yahoo, Bing, dan lain sebagainya akan sangat suka dengan artikel Original dan Unik. Orginal atau Asli adalah artikel buatan sendiri tidak hanya copy paste dari web site lainnya. Sedangkan Unik maksudnya adalah artikel tersebut jarang yang ngebahas, jadi otomatis begitu ada orang yang nyari dengan search engine maka muncul artikel anda pada rangking teratas.

2. Pasang Meta Tag Keyword dan Meta Taq Description.
Yang kedua adalah memasang Meta Tag pada header halaman web site agar mesin pencari mudah mengidentifikasi dan mengenali web site anda. Silakan anda copy kode-kode berikut;

<META content='noindex,follow' name='robots'/>
<META content='Isi deskripsi blog disini' name='description'/>
<META content='Isi keyword blog disini' name='keywords'/>
<META content='Nama anda' name='author'/>
<META content='Nama anda' name='copyright'/>
<META content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/>
<META content='true' name='MSSmartTagsPreventParsing'/>
<META content='global' name='distribution'/>
<META content='1 days' name='revisit-after'/>
<META content='all' name='audience'/>
<META content='general' name='rating'/>
<META content='all' name='robots'/>
<META content='index, follow' name='robots'/>
<META content='id' name='language'/>
<META content='ID' name='country'/>
<META content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<META content='blogger' name='generator'/>

Anda harus mengganti tag description dengan deskripsi blog atau web site anda dan mengganti tag keyword dengan kata kunci untuk blog atau web site anda. Anda bisa memasukkan sampai 20 kata kunci untuk web site anda yang dipisahkan dengan koma, yang penting keyword harus sesuai dengan tema web site anda. Ganti tag Author dan Copyright dengan nama anda.

3. Optimalisasi Template.
Pilihlah template yang baik dan mudah dimuat sehingga tidak memakan banyak waktu ketika diloading (dimuat). Ciri-ciri template yang baik kira-kira adalah sebagai berikut;
- Tidak banyak gambar. yang membuat loading halaman menjadi lama.
- Contras. Yaitu mudah dibaca, warna background dan teks mudah dilihat dan dipandang.
- Berbobot. Lebih banyak Content artikel dari pada Advertise (iklan), gambar hiasan dan sebagainya.
- Rapi. Tidak amburadul dan kacau, sehingga pembaca enak, nyaman dan betah berlama-lama dengan hidangan web site anda.
- Tidak sering mengganti template. Karena dengan mengganti template otomatis kode-kode template berubah dan sekarang Search Engine agak susah mengenali web site anda.
- Sebaiknya sidebar sebelah kiri dipasang widget-widget yang tidak terlalu berat. Karena pertama kali halaman diloading adalah sidebar kiri setelah header. Jadi artikel terpenting harus cepat muncul dihadapan netter.
- Yang sudah faham kode html sebaiknya jangan menghilangkan kode-kode h1, h2, h3, dst. Karena yang pertama kali dilihat dari Search Engine adalah kode-kode seperti itu. Kode tersebut adalah untuk penempatan judul artikel.

4. Optimalisasi Artikel Content.
Selanjutnya adalah tentang penulisan artikel. Ketika menulis artikel perhatikan penekanan-penekanan kalimat dan kata dengan memberikan tanda tebal, miring, garis bawah, strikeout, dan sebagainya. Gunakan kolom, Text Area dan sebagainya.

Gunakan Tag "Alt" pada kode gambar
Sering diabaikan tag "Alt" pada kode gambar, yang oleh browser tag ini akan ditampilkan ketika Image tidak diloading. Dilain sisi, Search Engine mudah mengenali bahwa gambar ini sangat berhubungan dengan artikel terkait.

Sekali lagi jangan membuat artikel susah dibaca oleh netter dengan menggunakan warna-warna yang tidak kontras. Jangan menggunakan hidden text dan hidden link. Yang jika terlalu banyak dan sering dilakukan akan dianggap SPAM oleh Search Engine.

Judul Posting harus pas dan mewakili seluruh isi artikel.

5. Berusaha Memperbanyak Linked In.
Artinya memperbanyak link di web site lain atau usahakan pemilik web site lain membuat link ke web site kita. Ini sangat besar pengaruhnya dalam meningkatkan traffic site yang ditandai ranking alexa yang meningkat tajam. Lakukan blogwalking, kunjungi blog-blog lainnya dan tinggalkan alamat dalam buku tamu.

6. Selalu Up To Date.
Lakukan update ketika diketahui ada masalah dalam artikel seperti BROKEN LINK, kesimpulan yang salah, atau sebab lain yang mengharuskan kita mengupdate artikel.

7. Sering Posting.
Search Engine akan sangat menghargai kerja keras kita dalam menerbitkan artikel-artikel hangat.

8. Biarkan Kotak Komentar Original Milik Blogger.
Bagi anda pengguna blogger sebaiknya tidak mengganti kotak komentar original blogger dengan kotak original 3rd party. Memang dari segi bentuknya kotak komentar original blogger sedikit mengecewakan dan ribet, tapi di lain sisi content komentar original blogger akan terdeteksi oleh search engine sebagai bagian dari content artikel kita.
Berbeda dengan kotak komentar pihak ketiga yang tidak akan terdeteksi oleh search engine sebagai bagian dari artikel milik kita.

9. Banyak link out Google, Yahoo atau Search Engine lainnya.
Robot google, yahoo, bing, dan sebagainya tentu akan suka dengan artikel kita karena menyertakan link out ke situs search engine milik mereka.

10. Daftarkan Web Site ke Search Engine.
KLIK DISINI untuk mendaftarkan web site ke google;
KLIK DISINI untuk mendaftarkan web site ke yahoo;
KLIK DISINI untuk mendaftarkan web site ke bing;

11. Ping Service.
Lakukan Ping ke salah satu dari alamat ping service berikut;
1. http://www.mypagerank.net/service_pingservice_index
2. http://blogsearch.google.com/ping
3. http://pingomatic.com
4. http://pingoat.com
5. http://rpc.weblogs.com
6. http://autopinger.com
7. http://pingmyblog.com
8. http://www.kping.com
9. http://bitacoras.com/agregador/enviar
10. http://feedshark.brainbliss.com
Anda dapat melakukan ping setelah menerbitkan artikel baru. Sebaiknya tidak melakukan ping terlalu sering karena bisa dianggap SPAM.


12. Gunakan Alexa Rank Widget dan Alexa Review Widget
Secara periodik alexa selalu mengupdate ranking web site kita. Dengan Alexa Widget  kita dapat mengetahui ranking berapa web site kita. Jika kita mengunjungi web sitenya, kita bisa mengetahui rangking berapa web site kita pada masing-masing negara.

13. Gunakan Layanan Google Analytic
Google Analytic adalah layanan yang disediakan oleh google untuk menganalisa traffic web site. Dengan layanan ini kita dapat mengetahui grafik peningkatan pengunjung, banyaknya halaman web dibuka, dari kota mana pengunjung datang (mungkin tepatnya: ISP mana pengunjung datang), dan lain sebagainya.


Salam hannan
Demikian semoga bermanfaat.

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl Facebook
 

Artikel Terkait:

2 komentar:

kouple said...

trims mas !!

komunitas bloggers said...

waw mantaps artikelnya, thank u banget nih..

Post a Comment

Sempurnakan posting diatas dengan meninggalkan komentar dibawah ini...

Donate

Klik untuk menjadi donatur

Followers

 
Ultimatech. Design by Wpthemedesigner.
Template Diupdate 2010 - Semoga hari ini menyenangkan ...!
PageRank Button

SEO Monitor